Dana Desa Tahap 3 Tahun 2019 Desa Sukmajaya Membangun Infrastruktur Desa

Kabarindonesianews-Cairnya alokasi dana desa memberi angin segar bagi Pemerintahan Tahap 3 tahun 2019 sebesar Rp 390 juta yang diterima Desa Sukmajaya Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor akan dialokasikan untuk 3 kegiatan yaitu pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dan BUMDes. Sebagaimana disampaikan Kasie Ekbang Desa Sukmajaya Ujang.

“Alhamdulillah Dana Desa tahap ke 3 sebesar Rp. 390 juta kita alokasikan untuk 3 kegiatan, sebesar Rp. 360 juta kita alokasikan untuk infrastruktur, sementara untuk Pelatihan (psmberdayaan masyarakat) pembekalan pelatihan oembuatan kripik pisang kita alokasikan sebesar Rp. 10 juta dan untuk BUMDes kita alokasikan untuk bidang usaha Jasa sebesar Rp.15 juta,”bebernya.

Lebih lanjut Ujang mengatakan untuk Infrastruktur kita Betonisasi Jalan Desa dibeberapa titik diantaranya di Rt. 01/06 sepanjang 135 meter dengan ketinggian 10 centimeter dan lebat 2,5 meter. “Kita betonisasi jalan ini berdasar hasil musrembang karema diwilayah Rt. 01 ini ada peternakan ayam yamg dikelola warga setempat, berharap dengan betonisasi jalan ini akan memperlancar dan mempermudah usaha peternakan ayam sehingga roda perkekonomian bisa lebih menggeliat,”ujarnya.

Dikesempatan ini Ujang menambahkan bahwa diakhir tahun 2019 ini tidak hanya Dana Desa yang sudah cair untuk kegiatan pembangunan, namun juga BPHRD untuk honor staf desa sudah cair begitupun untuk ADD sudah cair untuk operasional desa juga Bantuan Propinsi yang dialokasikan untuk melanjutkan Renovasi Kantor desa.

Dikatakan Ujang diakhir Pemerintahan Kepala Desa Kinan program pembangunan infrastruktur masih tertunda sekitar 10% In Sya Allah dapat memenuhi sebagaimana yang ditargetkan. Sementara nanti dikatakan Ujang dimasa Pemerintahan Desa yang dipimpin Kepala Desa Sukmajaya Ecep Surasman yang sebelumnya memang inkomben sebagaimana arahan Bupati Bogor maka lebih kepada pemberdayaan masyarakat.

“Sesuai rencana dengan tambahan bantuan 1 M akan digunakan untuk Betonisasi Jalan Protokol Jl. Raya Sukmajaya sepanjang 1 KM, sebagaimana kita ketahui jalan sepanjang kurang lebih 1 KM ini kini kondisinya sangat memprihatinkan, semoga harapan warga Desa Sukmajaya dapat dibetonisasinya jalan sukmajaya ini segera terealisasi sehingga dapat memperlancar mobilisasi warga dalam berkegiatan yang tentunya akan berdampak kepada peningkatan perekonomian warga,”pungkas Ujang.(Nia/D/J)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*