Kabarindonesianews-Bojonggede, Sabtu (17/08-2019), Lab Komputer merupakan fasilitas sekolah untuk menunjang proses terlaksananya belajar mengajar di sekolah. Lab Komputer sangat penting untuk proses belajar mengajar siswa karena Lab Komputer yang terhubung dengan internet dapat membantu para siswa dan siswi untuk mencari informasi untuk kebutuhan pembelajaran. Sekolah Dasar Negeri Bambu Kuning Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor, adalah salah satu sekolah yang telah mempunyai fasilitas Lab Komputer yang sangat mendukung dalam proses belajar mengajar tersebut.
Lab Komputer Sekolah Dasar Negeri Bambu Kuning Kecamatan Bojonggede salah satunya adalah sudah mendukung semua keperluan siswanya. Di dalam Lab komputer tersebut, siswa diberikan kenyamanan oleh tata letak ruang yang luas, serta dalam sistem manajemen pengabsenan siswanya pun sudah memberlakukan sistem pinger print atau sidik jari untuk siswa-siswinya yang dimulai dari kelas I sampai kelas VI, serta ke depannya akan di rancang dalam pembelajaran secara online berbasiskan android artinya siswa-siswi dapat mengerjakan tugas atau ulangan hariannya yang bisa dilakukan di manapun mereka berada selama siswa tersebut bisa terhubung dengan jaringan internet. dan fasilitas yang menunjang lainnya, seperti dengan hal keamananya sudah di lengkapi dengan kamera CCTV, demi kenyamanan dalam hal pembelajaran. Lab komputer SD Negeri Bambu Kuning yang beralamat dalam satu komplek di Perumahan BTN Bambu Kuning Jl. Bambu Andong I Komplek BTN Bambu Kuning Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor.
Menurut Muhamad Thoha, S.Pd Sekaligus Kepala dan penanggung Jawab Lab Komputer, Kabarindonesianews-Bojonggede, Sabtu(17/08-2019), Laboratorium komputer sangatlah penting, supaya siswa-siswi dapat mencari sumber-sumber pelajaran lain dan dapat mengopersaikan komputer khususnya untuk sekolah yang berada dikawasan tengah kota.
Laboratorium adalah tempat belajar mengajar melalui metode praktikum yang dapat menghasilkan pengalaman belajar dimana siswa berinteraksi dengan berbagai alat dan bahan untuk mengobservasi gejala-gejala yang dapat diamati secara langsung dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari jadi suatu laboratorium sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan mutu serta system pengajaran. Dari penjelasan di atas maka Laboratorium Komputer merupakan salah satu komponen instrumental input dalam melaksankan prosses belajar mengajar yang efektif yang urgensinya sangat dominan dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan teknologi pada umumnya yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan mutu lulusan yang optimal.
Sementara di temui di kantornya Bapak Amid Abidin, S.Pd selaku kepala sekolah, mengatakan pada pihak Kabarindonesianews-Bojonggede, Tujuan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum yaitu agar siswa memahami alat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum termasuk komputer (computer literate) dan memahami informasi (information literate). Artinya siswa-siswi mengenal istilah-istilah yang digunakan pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dan pada komputer yang umum digunakan. Siswa juga menyadari keunggulan dan keterbatasan komputer, serta dapat menggunakan komputer secara optimal. Disamping itu memahami bagaimana dan dimana informasi dapat diperoleh, bagaimana cara mengemas atau mengolah informasi dan bagaimana cara mengkomunikasikannya.
Perkembangan informasi dan teknologi saat ini, mewajibkan semua kalangan untuk mengikutinya termasuk pelajar SD-SMK sederajat. Oleh karena itu pihak sekolah harus menyediakan laboratorium komputer untuk mengikuti perkembangannya. Ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya menjadi hal yang tidak terpisahkan dari sekolah. Fasilitas laboratorium komputer menjadi peranan yang sangat penting untuk meningkatkan kuwalitas pendidikan siswa di sekolah.
Saat ini fasilitas laboratorium sekolah tidak merata masih banyak sekolah yang memiliki fasilitas sekolah tidak memenuhi standar, bahkan ada beberapa sekolah yang tidak memiliki saranan dan prasarana laboratorium komputer sekolah sama sekali. Terkait perbedaan itu, tingkat kemampuan manajemen sekolah antara yang satu dengan yang lainnya. Adanya perbedaan kemampuan manajemen sekolah yang perlu dibedakan dalam perlakuan berimplikasi terhadap dukungan pemerintah agar sekolah yang bersangkutan dapat menerapkan sistem baru. Dengan pertimbangan perbedaan kemampuan sekolah tersebut maka pemerintah daerah berkewajiban melakukan upaya-upaya pemberdayaan bagi sekolah yang berkemampuan manajemen kurang. Sehinggah sarana dan prasarana laboratorium komputer sekolah secara bertahap dapat terpenuhi.
Sarana komputer yang memadai dan bermutu sebagai salah satu komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena dengan sarana pendidikan yang lengkap dan bermutu kualitas pembelajaran akan semakin baik, dan motivasi belajar siswa akan meningkat. Hal itu akan berakibat meningkatnya daya serap yang pada akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan mutu pendidikan.
penggunaan komputer dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. jika komputer di sambungkan dengan internet maka siswa dengan mudah mencari informasi tentang tugas-tugas siswa dan sebagai sumber tambahan pelajaran yang belum di mengerti di sekolah.(Muhamad Thoha, S.pd)
Leave a Reply