Tirta Pakuan Anjurkan Pelanggan Pakai SIMOTIP

Kabarindonesianews-Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor menganjurkan pelanggan menggunakan aplikasi SIMOTIP untuk melaporkan angka stand meter airnya mulai bulan Juni 2020. Aplikasi ini sudah bisa diunduh atau diperbaharui di smartphone berbasis Android.

Direktur Umum Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira Gusniawan melalui Manager Humas dan Pelayanan Pelanggan Sonny Hendarwan mengatakan, aplikasi SIMOTIP sudah banyak digunakan pelanggan untuk keperluan Baca Meter Mandiri sejak awal bulan ini.

“Awal Mei lalu sudah kita publish, salah satunya untuk mempermudah pelaporan angka stand meter mendiri di rumah-rumah pelanggan. Kita perbaharui sistemnya agar lebih mudah dimanfaatkan masyarakat, terutama untuk mendukung social distancing mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Bogor,” kata Sonny, Selasa (19/5/2020).

Cara penggunaannya cukup mudah, pelanggan tinggal mengunduh atau menginstal SIMOTIP di playstore, kemudian mengaktifkannya melalui email. Sistem akan meminta nomor pelanggan dan nomor meter untuk bisa masuk ke menu utama. Nomor pelanggan dan nomor meter umumnya tertera dalam stuk pembayaran yang biasa didapat pelanggan saat membayar di loket Tirta Pakuan.

“Lalu bagaimana jika pelanggan yang biasa bayar di luar loket pembayaran? Simplel, nomor pelanggan juga tertera di seluruh cara pembayaran. Nomornya ada delapan digit, misalnya 1234-5678. Sedangkan nomor meter ada di fisik body meter masing-masing pelanggan. Berwarna putih melingkar sekitar meter utamanya,”kata Sonny.

Dia menambahkan, nomor meter tertera tahun pemasangan dan nomor serinya. Untuk melaporkan nomor meter, pelanggan hanya menulis dua nomor terakhir tahun pemasangan dan nomor serinya. “Misalnya tahun pemasangannya 2017, nomor serinya 123456. Berarti yang dilaporkan nomor meternya 17123456,” jelas Sonny.
Dia banyak menerima informasi kesulitan pelanggan saat mengaktifikasi SIMOTIP, biasanya karena pelanggan tidak memasang tanda penghubung (-) pada nomor pelanggannya. “Sebetulnya tertulis di alur aktivasinya, mohon diberikan tanda penghubung. Misalnya 1234-5678. Kalau sudah tertera, sistem akan langsung menginformasikan aktivasi berhasil,” tambahnya.

Setelah aktivasi selesai, pelanggan bisa membuka fitur LAPOR METER untuk melaporkan angka stand meternya. Pelanggan tinggal menulis nomor stand meter yang berwarna hitam, lalu melampirkan foto stand meternya. Jika seluruh alurnya lengkap, sistem akan mengkonformasi laporan selesai.
Sonny menyarankan pelanggan untuk menghubungi Call Center di nomor 0251-8324111 dan WA 0811182123 jika kesulitan melakukan aktivasinya. “Kami siap membantu 24 jam jika pelanggan memerlukan bantuan,” tegasnya.

SIAGA RAMADHAN
Menyambut libur panjang Kenaikan Isa Almasih dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor tetap berada pada posisi siap siaga mengantisipasi gangguan yang tidak terduga. Seluruh petugas dari Departemen Produksi, Perawatan, hingga Transmisi dan Distribusi diarahkan cepat tanggap saat ada gangguan yang menghambat pasokan air bersih ke pelanggan.

“SOP nya seperti itu. Ketika ada gangguan, misalnya seperti beberapa hari lalu, ada laporan air baku Sungai Cisadane sangat keruh. Operator Sumber dan Pengolahan berkoordinasi dengan petugas pengaliran untuk mengantisipasi kemungkinan ada penurunan debit air bersih di reservoir. Jika Reservoir tidak pada kondisi optimal, maka tekanan air bersih ke pelanggan tidak akan maksimal,” kata Sonny.

Begitupula di bagian Transmisi dan Distribusi, ketika ada laporan pipa bocor atau tersumbat, tim harus cepet memperbaiki dan mengatur sistem pengaliran. Pelanggan diupayakan tidak mengalami gangguan dalam tempo yang lama.

Dia mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk melaporkan ganggua pengaliran melalui Aplikasi SIMOTIP maupun Call Center. Begitu pula saat menemukan kemungkinan ada pipa bocor di jalan-jalan atau jaringan pipa di dalam rumah. (red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*