Siswa SMAN 4 Bogor Lakukan Pemilihan Ketua OSIS Dengan E-Voting

Kabarindonesianews-Cara berbeda dilakukan SMAN 4 Bogor dalam pelaksanaan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masa bakti 2019/2020, pada Selasa (15/10). Sekolah ini melakukan pemilihan dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu), yang diikuti oleh ratusan peserta didik dan guru, staff, OB.

”Pemilihan dengan sistem pemilu ini kita lakukan untuk memberikan pendidikan demokrasi dengan bijak, dan mengenalkan sejak dini tentang tahapan pemilu kepada peserta didik,” ucap Waka Humas Mamat.

Dalam pemilihan tersebut, sekolah menyiapkan bilik suara, kotak suara, tinta, dan alat digital E-Voting. Sebelum ratusan peserta didik harus mengantri untuk mendapatkan panggilan yang dengan digital yang bekerjasama dengan KPU Kota Bogor. Mereka pun menuju bilik suara untuk melakukan pemilihan.

”Pemilihan ketua OSIS ini, diawali dengan proses penjaringan, seleksi, pelaksanaan kampanye dari para kandidat dengan pemaparan visi dan misi mereka, yang dilanjutkan dengan pemberian sosialiasi tata cara pencoblosan,” tutur Yanuarisnandar Pembina OSIS.

Dia menuturkan, ada lima calon ketua OSIS yang mendaftarkan diri, Abdullah Azzan, Raysha Sadira Rukmana, Muhammad Raky Alnady Siswara, Ervina Winata, Bayu Pratama. Mereka memperebutkan suara. Setelah semua memberikan hak suaranya, langsung dilanjutkan dengan penghitungan.

Sementara itu, Ketua MPK M. Farhan Irsyad XII MIPA 7 mengatakan sebelum pemilihan 5 kandidat orasi visi dan misi yang telah dipaparkan. Untuk visi, akan menjadikan SMAN 4 Bogor menjadi sekolah berkualitas, berprestasi, inovatif, bertanggung jawab dan dilandasi oleh iman.

Sedangkan misi, ingin menghasilkan kader yang mampu menunjukkan identitas dan eksistensi dalam akademik maupun keorganisasian, menumbuhkan rasa kekeluargaan antara peserta didik dan guru, meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga lingkungan sekolah, mengembangkan kreativitas, bakat, minat, dan potensi melalui kegiatan ekstrakulikuler, mengoptimalkan fungsi dan peranan OSIS, serta melanjutkan program OSIS yang belum terlaksana.

Dilanjutkan Mamat mengatakan Ketua OSIS “Siapapun yang nantinya terpilih, semoga bisa menjalankan tugas-tugasnya dengan baik dan bisa memberikan tauladan yang terpuji bagi semua rekan-rekannya, tetap mampu membuktikan prestasi yang gemilang di bidang akademik dan non akademik sekalipun hari-harinya disibukkan dengan aktivitasnya sebagai Ketua OSIS SMAN 4 Kota Bogor,” harap di akhir wawancara.(Jhon)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*