Sukajaya Bentuk Satgas Pencegahan Covid-19 Hingga Tingkat Desa

Kabarindonesianews-Pemerintah Kabupaten Bogor terus membangun sinergi dengan seluruh stakeholder sebagai upaya memaksimalkan pencegahan mewabahnya virus corona atau Covid-19.

Desa Sukajaya mempunyai enam RW dan 31 RT sinergitas juga dibangun hingga ke tingkat desa sebagai ujung tombak di lapangan. Hal ini dilaksanakan dengan pembentukan Satgas (Satuan Tugas) Covid-19 di tingkat desa yang ada di Sukajaya.

Sektetaris Desa, Cahyana Padli menjelaskan, Desa dan Lurah sebagai lapisan terbawah pemerintah memiliki peranan yang penting.

“Hal ini lantaran memiliki akses langsung yang berdekatan dengan masyarakat. Sehingga, dengan cara-cara yang persuasif dan kekeluargaan mampu memberikan edukasi bagi masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus corona,” kata cahyana.

Cahyana menjelaskan, Satgas Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan bertugas untuk melakukan pemantauan wilayah memberikan nasihat, imbauan dan memonitoring serta evalusai pelaksanaan kegiatan pencegahan Covid-19. Di samping itu juga mencegah seperti penyemprotan disinfektan secara rutin. Sehingga sinergitas penanganan hingga lapisan terbawah diharapkan efektif dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

“Tentunya langkah preventif guna memutus penyebaran dapat dilaksanakan langsung di masyarakat, mulai dengan sosialisasi social dan physical distancing, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun, serta memastikan arahan pemerintah pusat, dapat terlaksanakan dengan baik,” kata Cahyana.

Cahyana menjelaskan, seluruh desa dan lurah telah membentuk Satgas Covid-19. Seluruh elemen masyarakat terlibat langsung dan bahu membahu dalam memutus penyebaran virus corona ini. mulai, Linmas, dan elemen masyarakat lainya.

“Tentu dengan adanya Satgas Covid-19 ini diharapkan dapat efektif dalam memutus penyebaran virus corona,” tandas cahyana .(Jhon)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*