PPDB SMAN 4 Bogor Berjalan Sukses

Kabarindonedianews-Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sejumlah SMA Negeri 4 di Kota Bogor, Jawa Barat, membludak di hari pertama. Ratusan wali dan orang tua murid sudah mendatangi sekolah sejak Senin pendaftar sampe 300 an Dan hari kedua juga hari ketiga hanya 200an yang sudah terdaftar. Jumat(22/06)

“Tahunya pihak sekolah jumlah pendaftaran dibatasi 200 pendaftar per hari. Makanya saya datang sebelum pendaftaran dibuka,” ucap Mamat.

Mamat sebagai Humas SMAN 4 Bogor mengatakan, seharusnya orangtua calon murid bisa lebih sabar karena pendaftaran dibuka selama enam hari terhitung sejak 17 Juni hingga 22 Juni 2019.

“Meski yang daftar ribuan, warga tidak perlu khawatir karena pendaftaran (PPDB) dibuka selama lima hari dari pukul 08.00-14.00 WIB. Tidak bergantung pada jumlah pendaftar,” ujar Mamat.

Tak Memprioritaskan Warga Sekitar
Menurutnya, sejumlah orangtua mengira jika mendaftar lebih awal memiliki kesempatan yang lebih besar diterima di sekolah. Padahal calon siswa harus memenuhi syarat yakni berada di zonasi sekolah tersebut.

Selain itu, pihak sekolah pun tidak bisa memprioritaskan warga sekitar saja tetapi harus menampung para pendaftar tapi harus lolos syarat yang sudah ditentukan.

PPDB SMAN 4 Bogor terdiri dari tiga jalur, meliputi jalur ZONASI, PRESTASI DAN PERPINDAHAN ORANG TUA.Jalur zonasi terbagi 3 (tiga) yaitu Zonasi jarak domisili ke sekolah,Zonasi KETM (Keluarga Ekonomi Tidak Mampu) dan ABK (Anak Berkebutuhan Khusus),Zonasi kombinasi jarak domisili ke sekolah dan nilai ujian nasional.Jalur prestasi terbagi 2 (dua) yaitu Prestasi UN (perolehan nilai ujian nasional), Prestasi Non UN.Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua.

Di hari enam hari sangat tertib SMAN 4 Bogor penerimaan siswa baru, pihaknya membatasi jumlah pendaftaran calon peserta sebanyak 200 nomor per hari. Dan sampe hari jumat yang sudah terdaftar vertifikasi zonasi jarak 353,zonasi kombinasi 143, zonasi KETM 67, ABK 1, Prestrasi NHUN 3,Prestarasi Non NHUN 31,Perpindahan orang tua 0 jumlah yang vertifikasi 598.

Akan tetapi, sesuai intruksi dari Dinas Pendidikan Kota Bogor, pihak SMAN 4 Kota Bogor hanya menampung 324 siswa baru di tahun ajaran 2019-2020. Kuota siswa baru ini sesuai dengan ruangan kelas yang tersedia.(Nia)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*