Pelepasan Siswa SMAN 9 Kota Bogor Megah

Kabarindonesianews-Di akhir tahun pelajaran, di sekolah-sekolah biasanya melakukan acara perpisahan atau pelepasan siswa kelas akhir kelas XII. Dihadiri KCD Provinsi Jawa Barat, Ketua Komite, Kepala Sekolah SMAN Bogor dan para undangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, upacara pelepasan siswa atau istilah daerahnya “Paturay Tineung” biasanya dilakukan dengan upacara adat.

Selain untuk menandai telah selesainya masa belajar di sekolah, tata cara perpisahan dengan upacara adat ini bertujuan untuk melestarikan warisan budaya lokal, dalam hal ini budaya Sunda.

Seperti yang dilakukan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Kota Bogor, Kamis(25/04/2019) yang melepas 321 orang siswa-siswi kelas 12.

Pelepasan 321 siswa-siswi SMAN 9 Kota Bogor tahun pelajaran 2018/2019 dengan upacara adat berlangsung semarak dan penuh suasana haru di Gedung Braja Mustika Kota Bogor.

Acara dibuka dengan lagu dan iringan gamelan sunda, dengan memohon izin kepada seluruh hadirin untuk memulai acara seorang ponggawa pembawa payung sambil menarikan gerakan indah memainkan payung yang digunakan untuk memayungi perwakilan siswa yang akan dilepas.

Pembawa umbul-umbul terdiri dari orang ponggawa dan diringi putri penari mengiringi prosesi upacara adat pelepasan atau Paturay Tineung kemudian datanglah Ki Lengser.

Pakaian yang dikenakan Ki Lengser terdiri dari baju kampret, celana pangsi dilengkapi dengan sarung yang diselendangkan, serta totopong (ikat kepala). Dengan memperlihatkan giginya yang ompong dan gerakan tari lucu menyambut perwakilan siswa yang akan dilepas.

Kepala SMAN 9 Kota Bogor, Denty Dentrijadi
dalam sambutannya menyampaikan, pada tahun 2019 ini SMAN 9 Kota Bogor melepas sebanyak 321 siswa. Dari 321 siswa siswi SMA Negeri 9 Kota Bogor ini diterima di perguruan tinggi sebanyak 70 siswa.

“Insya Allah nanti mereka pada akhirnya diterima 100 persen di seluruh perguruan tinggi,” harapnya.

Dikatakan Rahmad, Staff Kesiswaan tiga tahun yang lalu mereka diterima di SMAN 9 Kota Bogor, tiga tahun sudah melaksanakan pendidikan dan proses pembelajaran di SMAN 9 Kota Bogor tidak terasa sampailah pada detik-detik perpisahan ini.

“Apapun itu semoga dimasa yang akan datang kalian akan menjadi orang-orang yang terbaik di negeri ini. Gapailah cita-cita yang tinggi menuju masa depan gemilang,” katanya.(Nia)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*