Kembangkan potensi wisata, Kelurahan Ciluar optimalkan peran Pokdarwis

Kabarindonesianews-Mengoptimalkan peran kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk mengembangkan potensi sektor kepariwisataan di wilayahnya.

Denny Ardiansyah Selaku Lurah Ciluar mengatakan Pokdarwis merupakan salah satu ujung tombak dalam membangun objek wisata yang lebih maju dan unggul.

“Kami mencoba mengoptimalkan peran mereka. Saat ini ada Pokdarwis yang sudah diberi pelatihan. Ke depan kegiatan ini terus kita lakukan secara berkesinambungan,” kata Denny.

Mereka di antaranya Pokdarwis peternak kambing, argo wisata, jalur sepeda, kampung rambay.

“Masih banyak lagi, malah kalau tidak ada pandemi COVID-19 sebenarnya sudah ada beberapa Pokdarwis yang mengajukan proposal namun mau tidak mau harus ditunda,” ungkapnya.

Dalam pelatihan itu pihaknya memberikan wawasan tata kelola objek wisata agar mampu mendatangkan banyak pengunjung dengan memaksimalkan potensi yang ada di objek wisata tersebut.

Menurut dia munculnya kampung rambay merupakan apresiasi yang patut didukung. Pokdarwis harus menyadari betul lokasi yang mereka kelola itu memiliki banyak potensi.

“Mengelola pariwisata itu harus dipahami Pokdarwis di antaranya masalah ketenangan, keamanan, kenyamanan, dan lainnya,” ucapnya.

Denny mengatakan tugas Pokdarwis lebih kepada pengelolaan artinya bagaimana pola manajemen yang dibangun dalam menjual potensi objek wisata agar memberikan pemasukan untuk kas daerah.

Pokdarwis yang sudah dibekali pelatihan tentu sudah tahu akan tugas-tugas melayani pengunjung di objek wisata.

“Yang pasti dengan layanan yang baik dan bagus oleh Pokdarwis tentu akan menjadi nilai tersendiri bagi pengunjung. Sekali dia datang pasti akan kembali lagi ke tempat wisata ini bersama orang lain,” kata dia.(imas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*