Lulus 100 % 20 siswa SMKN 1 Kota Bogor Peroleh Beasiswa dari PT. Paragon Technology Innovation

Kabarindonesianews-20 Siswa kelas 12 lulusan tahun ajaran 2019-2020 mendapatkan Beasiswa Prestasi dan Beasiswa Pemberdayaan dari PT. Paragon Technology Innovation (PT. PTI) berupa uang tunai sebesar Rp. 1,5 juta dan Beasiswa tersebut diserahkan secara langsung oleh Plt. Kepala SMKN 1 Bogor Drs. Joko Mustiko kepada para siswa penerima beasiswa di Gedung SMKN 1 Kota Bogor, Selasa (5/5). Penyerahan beasiswa tersebut juga turut dihadiri Hubinmas SMKN 1 Kota Bogor Nani Maryani, Ketua BKK Mutiara juga Ketua BK Lilis Solihat.

Mengawali perbincangan dengan pewarta Joko Mustiko mengatakan bahwa tahun 2020 ini SMA/SMK di Kota Bogor siswanya lulus 100% walaupun melalui proses evaluasi bukan melalui ujian nasional. “Walaupun tidak melalui proses Ujian Nasional dan Ujian Keterampilan, nilai kelulusan siswa bisa dipertanggung jawabkan karena sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan pemerintah yaitu melalui Portofolio dan penugasan, semua dinyatakan lulus,”jelas Joko.

Terkait siswa kelas 12 lulusan tahun ajaran 2019-2020 yang mendapatkan beasiswa dari PT. Paragon Technology Innovation, Joko menuturkan bahwa sebanyak 20 siswa kelas 12 mendapatkan Beasiswa Prestasi dan Pemberdayaan dari PT. PTI. “Prosesnya sudah cukup lama dan setelah melalui tes seleksi dan wawancara 20 siswa kami mendapatkan Beasiswa Prestasi dan Pemberdayaan dan 5 siswa diantaranya langsung diterima bekerja di PT. PTI,”jelas Joko.

Mereka yang mendapatkan beasiswa selain memang berprestasi juga secara ekonominya lemah sehingga beasiswa yang mereka peroleh dapat membantu meringankan biaya pendidikan, maka itu disampaikan pada siswa dan orangtua siswa bahwa beasiswa yang didapatkan itu untuk biaya pendidikan, tambahnya.

Sementara Nani Maryani Rasyidin Wakahubin SMKN 1 Kota Bogor yang biasa disapa Bucan menjelaskan bahwa 20 beasiswa itu terbagi 2 kategori yaitu 10 Beasiswa Prestasi dan 10 Beasiswa Pemberdayaan.
“Mereka adalah siswa yang lolos Uji Seleksi dari PT. PTI sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kecantikan (Wardah Kosmetik) bahkan 5 diantaranya langsung diterima bekerja di PT. Paragon,”urai Bucan.

Tentu ini suatu kebanggaan bagi kami, Insya Allah menjadi Motivasi bagi semua pihak, bahwa perusahaan memberikan apresiasi kepada sekolah ini menjadikan CSR dan semoga kedepan kerjasama ini semakin baik dan meningkat, memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi anak-anak kami dan menerima anak-anak kami menjadi bagian dari PT. Paragon, tambahnya.

Mutiara Ketua BKK SMKN 1 Kota Bogor menambahkan bahwa sebelumnya ke 20 siswa penerima Beasiswa dari PT. PTI telah melalui proses seleksi rekruitment yang dilakukan disekolah berupa Psikotes dan Interview dari PT. PTI. “Dari 172 siswa kelas 12 yang mengikuti seleksi Beasiswa ini yang lolos 20 orang dan 5 diantaranya langsung diterima bekerja di PT. Paragon, ke 5 siswa tersebut tinggal menunggu Training sampai Kondisi Pandemik ini membaik,”jelas Mutiara. Diketahui SMKN 1 Kota Bogor telah lama menjalin kerjasama (Link and Match) dengan Puluhan Perusahaan Nasional dan Multinasional satu diantaranya PT. Paragon Technology Innovation yang lebih dikenal dengan Kosmetil Wardah.

Lilis Solihat selaku Ketua BK SMKN 1 Kota Bogor menjelaskan BK lebih menggaris bawahi untuk Pembersayaan, karena siswa yang memperoleh Beasiswa Pemberdayaan ini bukan hanya Pintar dan berprestasi tapi juga dilihat dari sisi ekonominya yang memang secara ekonomi kurang mampu, dan juga dilihat dari prilaku atau ahklak dari siswa itu sendiri. “Karena Point penting bagi penerima Beasiswa ini adalah prilaku atau akhlaknya,”jelas Lilis.

Mutiara dan Lilis berharap mereka memiliki semangat, motivasi dan daya juang yang tinggi kedepannya, karena ini tidak mudah, melalui proses yang panjang. “Tentunya apa yang mereka peroleh itu menjadi motivasi bagi mereka baik kedunia kerja maupun melanjutkan ke Perguruan Tinggi,”ujarnya.

Untuk adik-adik kelasnya, Mutiara dan Lilis berharap mereka juga bisa memiliki prestasi yang baik secara akademik maupun non akademik. “Kami akan selalu memperhatikan anak-anak untuk dapat terus berprestasi sehingga anak-anak terus berjuang, bersaing dan berprestasi,”pungkasnya.

Dharmawan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*