Boling Kecamatan Ciomas Mengangkat Industri Sepatu

Kabarindonesianews-Bupati Bogor Ade Yasin dan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan melaksanakan kegiatan Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Ciomas, Rabu (9/10). Pada boling kali ini, Ade Yasin menjelaskan terobosan penyebaran dokumen kependudukan untuk memudahkan warga Kabupaten Bogor.

Sementara itu Camat Ciomas, Drs. Chairuka Judhyanto Nugroho,M.Si mengatakan, berbagai terobosan yang dilakukan Bupati sangat membawa manfaat untuk masyarakat Kabupten Bogor. Salah satunya bekerjasama dengan kantor pos dalam hal pengiriman dokumen kependudukan.

“Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Bogor sudah bekerjasama dengan Kantor Pos terkait pengiriman KTP, KK, Akte Lahir, jadi masyarakat tinggal menunggu di rumah masing-masing. Dengan terobosan tersebut juga Kabupaten Bogor diberikan penghargaan sebagai Kabupaten Terinovatif Tahun 2019 dari Kementerian Dalam Negeri RI beberapa hari yang lalu,” ungkap Chairuka.

Saat Boling juga mejadi ajang penyampaian aspirasi langsung antara masyarakat Ciomas dengan Bupati Bogor beserta jajarannya. Dalam kesempatan itu, pemerintah kecamatan memamerkan produk sepatu sebagai ikon Ciomas.

Sebab, di Kecamatan Ciomas terdapat beberapa kampung pengrajin sepatu dan sendal yang sudah cukup dikenal masyarakat. Kehadiran bupati berserta jajarannya tidak disia-siakan masyarakat Ciomas.

“Saya melihat Kecamatan Ciomas memiliki potensi yang besar dalam hal UMKM, dalam hal ini adalah Sepatu dan Sandal. Namun saya menyayangkan, mengapa kok dari tahun ke tahun kerajinan sepatu dan sendal ini semakin terpuruk seiring dengan pendapatan sang produsen kedua produk ini semakin menurun drastis, padahal dulu Kecamatan Ciomas tersohor sampai keluar wilayah berkat produk kedua barang ini,” ujar Ade.

Ade mengaku khawatir jika ini terus dibiarkan maka lama-lama produsen Sepatu dan Sendal akan gulung tikar dan akibatnya akan menambah jumlah pengangguran di Bumi Tegar Beriman.

“Memang rumor yang saya dengar, jika banyaknya produk sepatu dan sendal yang merupakan impor dari Tiongkak, menjadi salah satu penyebab utama gagalnya produk Sepatu dan Sendal menjadi primadona di rumahnya sendiri, inilah yang harus kita cari solusinya,” pinta Ade.

Senada dengan Bupati, Chairuka Judhyanto, Camat Ciomas Kabupaten Bogor menegaskan jika ada beberapa masalah yang penting yang ingin segera digeber semenjak dirinya menjabat sebagai orang nomor satu di wilayah tersebut.(Jhon)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*