SMP NEGERI 2 BOJONGGEDE – Ngiringan Pasanggiri Basa, Sastra Jeung Seni Sunda Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2019

Kabarindonesianews-Bojonggede, Kamis (22/08-2019), Salah satu Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan adalah MGMP Basa Sunda Kabupaten Bogor Jawa Barat. MGMP yang dibina oleh Dadan Herdiana,S.Pd.M.Pd ini, selalu menjaga konsistensi dan kerjasama dalam berorganisasi dan solid dalam melaksanakan berbagai program unggulannya. Program unggulan yang baru saja dilaksanakan yaitu Pasanggiri Basa Sunda yang diselenggarakan di SMP Negeri 2 Cibinong Jl.Raya Sukahati Cibinong Bogor pada Hari Kamis (22/08/19).

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang deselenggarakan oleh MGMP Basa Sunda secara kontinyu setiap tahun. Peserta yang mengikuti kegiatan ini mencapai puluhan sekolah. Mereka terdiri dari siswa SMP/MTs se-Kabupaten Bogor Jawa Barat Mata lomba yang dilombakan yaitu maca sajak (membaca puisi), Biantara, pupuh, maca nulis aksara (membaca dan menulis huruf), ” ucap Dadan Herdiana,S.Pd.M.Pd Pembina Basa Sunda saat memberikan keterangannya dalam sambutan laporan panitia.

Sementara dari salah seorang perwakilan pembimbing guru, dari SMP Negeri 2 Bojonggede, Neneng Rita,S.Pd mengatakan bahwa pasanggiri merupakan moment yang sangat baik untuk mengembangkan Bahasa dan Budaya Sunda, beliau menyambut baik diselenggarakan Pasanggiri di SMP Negeri 2 Cibinong.

“Kegiatan pasanggiri merupakan ajang untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam bahasa dan budaya Sunda. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi pemantik untuk kemajuan seni Sunda di Kabupaten Bogor Jawa Barat,” kegiatan Pasanggiri yang diusung oleh MGMP Basa Sunda, merupakan bagian dari upaya menghidupkan Budaya Sunda supaya tetap lesatari dan dicintai oleh warganya.
“MGMP Basa Sunda merupakan MGMP yang aktif dan kreatif. Terima kasih kepada pengurus yang telah memberi warna bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Saya berharap kegiatan Pasanggiri ini terus diprogramkan dan dilaksanakan. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kabupaten Bogor Jawa Barat sekarang sedang menggali, mengembangkan, menginventarisir budaya sunda/tradisional yang memiliki nilai jual untuk dijadikan paket wisata. Pelaksanaan kegiatan ini bagi siswa merupakan tahapan Cognitif  di mana siswa sudah pada tahap berkreasi, menampilkan keterampilan terbaiknya. Wadah untuk mengembangkan kreativitas bidang seni Sunda masih kurang sekali. Salah satu yang menampung ekspresi siswa adalah kegiatan Pasanggiri ini. Kata Neneng Rita,S.Pd

Sementara di temui, Pembimbing dari SMP Negeri 2 Bojonggede Triyani Agustine,S.Pd.I
mengatakan, bahwa kegiatan Pasanggiri sangat efektif untuk mensosialisasikan nilai-nilai budaya serta melestarikan seni budaya Sunda terhadap pelajar, khususnya di wilayah Jawa Barat. Ia menjelaskan, acara tahun ini telah dipusatkan di lingkungan SMP Negeri 2 Cibinong Jl.Raya Sukahati Cibinong Bogor.

Semoga dengan kegiatan ini dapat melestarikan seni dan budaya Jawa Barat, khususnya basa Sunda, dan berharap bagi pelajar bisa mengembangkan dunia pendidikan secara karakteristik dalam kehidupan sehari-hari. “Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan siapapun pemenang bisa membawa nama baik kabupaten Bogor di tingkat lebih lanjut,” Menurutnya, melalui kegiatan pasanggiri ini, diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang memiliki komitmen kuat dalam melestarikan seni budaya daerah di masa mendatang. katanya. (Muhamad Thoha)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*