MPLS SMK Bina Warga 2 Bogor Mendidik Siswa Kreatip

Kabarindonesianews-Tiga hari berturut-turut, sekolah di Kota Bogor serentak bakal meng­gelar Masa Pengenalan Ling­kungan Sekolah (MPLS), baik tingkat SMK negeri maupun swasta.

MPLS yang sebelumnya di­kenal dengan sebutan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan se­buah kegiatan yang dilaksana­kan sekolah jelang awal tahun pelajaran sebagai tradisi me­nyambut kedatangan peserta didik baru. Kepala SMK Bina Warga 2 Kota Bogor, Bagus , menjelaskan, seluruh sekolah negeri maupun swas­ta akan mulai melakukannya pada Senin (15/7) selama tiga hari. “MPLS ini sebagai ajang melatih ketahanan mental siswa, disiplin dan mempere­rat tali persaudaraan antar­siswa baru dengan siswa lama sebagai seniornya,” katanya.

Tak hanya itu, MPLS juga di­gelar sebagai bentuk perkenalan siswa terhadap lingkungan sekolah dan kegiatan ekstra­kurikuler. Termasuk pengenalan sesama siswa baru, siswa baru dan seniornya dan siswa baru dengan guru serta karyawan di sekolah. Sementara Kepala Sekolah, menjelaskan, kegiatan MPLS ini akan diisi dengan penampilan ekstraku­rikuler yang dilakukan di seko­lah oleh siswa-siswi lama. Ia juga memastikan kegiatan ini sepenuhnya dilaksanakan anak-anak OSIS dengan didampingi guru sebagai pengawas, asisten dan pemantau kegiatan MPLS. “Para siswa baru diharapkan akan berminat dengan bebe­rapa kegiatan organisasi mau­pun kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah” kata Bagus.

Tak hanya itu, kegiatan MPLS juga dilaksanakan di sekolah Kota Bogor. Beberapa kegiatan yang dilakukan meli­puti diskusi kependidikan, termasuk ceramah yang disam­paikan guru maupun narasum­ber dan kepolisian. “Kita akan isi acara MPLS ini dengan mendatangkan penceramah dari kepolisian, di mana siswa baru akan diberikan pembe­kalan tentang bahaya penya­lahgunaan narkotika, termasuk bahaya dan risiko serta huku­man dari tawuran antarsiswa,” terang Bagus.

Bagus menambahkan, be­berapa materi yang akan disam­paikan kepada siswa-sisiwi baru selama MPLS selain materi penampilan kegiatan ekstra­kurikuler, juga akan diberikan materi pengenalan Wawasan Wiyata Mandala, Kepramu­kaan, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Cara Belajar Efektif, Pendidikan Karakter Siswa, Tata Krama Siswa, Pengenalan Kurikulum serta Pembinaan Mental Siswa. “Semoga dengan diberikannya materi tentang hukum, siswa akan punya nalar dan rasa takut untuk melakukan hal negatif. Jadi, ke depan siswa-siswi baru akan lebih konsen­trasi belajar dengan nyaman, menuntut ilmu di SMK Bina Warga 2,” katanya(Nia)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*